Kelebihan dan Kekurangan realme C21

Kelebihan dan Kekurangan realme C21

Productionsfigeactheatrefestival – Produsen HP memanfaatkan kuartal pertama tahun 2021 tidak hanya untuk mengumumkan ponsel kelas atas. Pasalnya, muncul pula wajah-wajah baru ponsel entry-level yang menggiurkan untuk dibeli. Salah satunya adalah realme C21 yang keluar bersamaan dengan realme C25.

Ponsel ini resmi hadir di Indonesia sejak 23 Maret 2021. Kedatangan realme C21 menandai lembaran baru bagi seri realme C yang menggunakan angka “2” dalam format angka dua digit.

Sebelumnya, huruf “C” selalu diikuti oleh angka (1, 2, 3) dan dua angka yang angka pertamanya adalah “1” (11, 12, 15, 17). Ponsel ini mirip dengan realme C20 yang diluncurkan di Vietnam (Januari 2021), meski layar pada cover belakang memiliki pola yang berbeda.

Salah satu hal yang membuat realme C21 menarik adalah sertifikasi durabilitas keandalan tinggi dari TÜV Rheinland. Karena itu, realme C21 adalah ponsel termurah yang memiliki sertifikasi ini.

Kelebihan realme C21

Kelebihan poin berisi fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari realme C21. Ini mungkin tidak mengejutkan, tetapi itu pasti dapat memengaruhi keputusan Anda untuk membelinya atau tidak.

1. Baterai besar

Baterai 5000mAh cukup lega untuk ponsel masa kini. Karena minimal, menurut standar saat ini, ponsel harus memiliki baterai 4000mAh. Banyak orang menemukan bahwa ukuran baterai ini dapat menampung penggunaan ponsel sepanjang hari.

Tentu saja, realme C21 akan bertahan dengan ukuran baterai juga. Selain itu, resolusi layar yang digunakan hanya HD+ (720 x 1600 piksel) yang dipadukan dengan chipset MediaTek Helio G35 berdaya rendah. Perlu diketahui bahwa konsumsi daya Helio G35 bisa hemat karena mendukung teknologi HyperEngine MediaTek.

Anda yang kesulitan menguras baterai realme C21 bisa “memberi daya” perangkat lain, seperti smartwatch TWS (wireless earbud), ponsel. Karena ponsel ini memiliki kemampuan untuk mengisi daya (reverse charge). Tak berhenti sampai di situ, realme juga menawarkan fitur pengoptimalan baterai bernama Power Saving Mode.

Fitur ini penting ketika baterai lemah dan Anda belum menemukan sumber listrik. realme C21 yang baterainya hanya 5%, masih bisa digunakan selama 1,43 jam untuk mengirim pesan WhatsApp melalui mode Super Saving,

2. Desain baru

realme C21 hadir dengan dua pilihan warna Cross Blue dan Cross Black. Dalam kasus Cross Blue, Realme jarang menggunakan warna biru jenis ini untuk produknya. Sejauh ini hanya realme Narzo 30A yang memiliki warna serupa (Laser Blue) dengan tipe ini.

Oleh karena itu, pilihan warna Cross Blue menyegarkan tampilan ponsel ini. Selain itu, desain cover belakang yang digunakan juga menjadi pengingat. Polanya masih memiliki gaya geometris seperti realme C15. Namun, bentuk polanya berbeda.

Penutup belakang realme C15 dipoles dengan pola segitiga tanpa sudut tajam dari atas ke bawah. Sedangkan cover polikarbonat realme C21 diwakili oleh dua segitiga horizontal yang sisi runcingnya bertemu di tengah.

3. Jaminan jangka panjang

Semua ponsel, apapun kelasnya, harus melewati serangkaian tes sebelum dilepas ke pasaran. Serangkaian tes ini umumnya dikenal sebagai kontrol kualitas. Namun, yang membuat pengujian realme C21 istimewa adalah sertifikasi ketahanan keandalan tinggi dari TÜV Rheinland.

Seperti yang dijelaskan di paragraf pembuka, realme C21 akan menjadi ponsel termurah dengan sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability. Di sisi lain, sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan TÜV Rheinland.

Pasalnya, perusahaan inspeksi asal Jerman ini sudah sering muncul di deskripsi ponsel. Salah satunya adalah dengan memberikan sertifikasi keselamatan untuk tampilan low blue light. Sertifikasi TÜV Rheinland untuk daya tahan bukanlah hal baru bagi ponsel asli.

Pasalnya, realme sudah mengimplementasikannya untuk realme 7. Lantas bagaimana agar realme C21 bisa lolos sertifikasi ketahanan TlandV Rheinland? Singkatnya, ponsel ini telah melewati beberapa tes. Diantaranya, 10 pengujian dengan skenario penggunaan sehari-hari, 6 pengujian ketahanan komponen dan 7 pengujian dengan skenario lingkungan ekstrim.

realme C21 dengan aman lulus tes ini. TÜV Rheinland menilai, ponsel ini bisa bertahan lama, minimal tiga tahun pemakaian.

4. Slot MicroSD terpisah

Memori yang terpasang pada motherboard realme C21 tidak terlalu besar untuk ukuran saat ini. Varian terendah memiliki memori internal 32 GB dan dilengkapi dengan RAM 3 GB. Kapasitas seperti itu akan buruk untuk menyimpan aplikasi, game, dan media. Anda mungkin harus setuju untuk tidak memasang aplikasi favorit Anda di ponsel ini.

Untungnya, hal yang tidak diinginkan ini bisa dihindari. Pasalnya, ruang penyimpanan realme C21 dapat diperluas menggunakan slot microSD yang terpisah dari kartu SIM. Anda bisa menggunakan microSD dengan ukuran maksimal 256 GB.

Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan memori internal 32 GB untuk menyimpan aplikasi dan game. Sedangkan file seperti foto, video, lagu dan dokumen lainnya bisa diproteksi di microSD. Selain microSD, Anda juga dapat menggunakan flash disk karena ponsel ini mendukung USB On-The-Go. Realme C21 juga tersedia dalam varian memori 4/64 GB.

5. Sensor penuh, hiburan luar biasa

Jarang ada ponsel murah yang dilengkapi dengan sensor lengkap yang harus dimiliki. Sensor juga menjadi korban karena jumlahnya harus dikurangi untuk menutupi biaya produksi. Untungnya, realme C21 belum melihat pengurangan jumlah sensor penting.

Sensor penting yang dimaksud adalah proximity, accelerometer, light dan magnet (compass). Keempatnya ada di realme C21. Memang ponsel dengan layar 6,5 inci ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dipasang di cover belakang.

Adanya sensor ini membuat pilihan keamanan ponsel lebih bervariasi. Soalnya, fitur pemindaian wajah untuk membuka kunci ponsel tidak selalu bisa diandalkan. Apalagi jika Anda berada dalam kegelapan.

Jika sensor adalah fitur penting, radio FM adalah fitur yang menyenangkan. Anda pasti tidak akan menggunakan ponsel ini hanya untuk hal-hal yang serius. Ada kalanya Anda membutuhkan hiburan, dan hiburan tidak harus dibayar.

Nah, radio FM adalah fitur hiburan yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan lagu, berita atau lelucon dari stasiun lokal. Fitur hiburan seru selain radio FM di ponsel ini antara lain mengambil foto malam hari dengan mode Super Nightscape, mengambil foto dengan latar belakang buram dalam mode potret, dan mengambil video gerakan lambat.

Kelemahan Realme C21

Tidak mungkin ponsel tanpa cacat. Kelemahan datang dengan sendirinya, entah itu komitmen atau bukan. Oleh karena itu, mengetahui kekurangannya juga dapat mempengaruhi penilaian Anda terhadap sebuah ponsel.

1. Belum USB Tipe-C

Sayangnya seribu, sayangnya konektor USB di bagian bawah realme C21 masih USB microB atau yang biasa disebut dengan microUSB saja. Hal ini membuat realme C21 ketinggalan zaman dibandingkan dengan ponsel lain pada masanya, bahkan ponsel lawas yang sudah menggunakan USB Type-C.

Tidak masalah jika ponsel ini masih mengadopsi microUSB. Hanya saja ketika Anda lupa membawa charger atau kabel charger sendiri, Anda pasti akan kesulitan mencari bantuan. Karena ponsel teman Anda sudah menggunakan USB Type-C.

Selain itu, transfer data microUSB jelas tidak secepat USB Type-C dan tidak dapat dibalik. Untuk yang terakhir, Anda tentu harus berkonsentrasi saat ingin mencolokkan kabel ke port. Memaksa kabel untuk terhubung secara terbalik dapat merusak port USB ponsel.

2. Tidak ada pengisian cepat

Baterai 5000mAh cukup besar dan ini membuat realme C21 sangat tahan lama. Hanya saja daya baterai ponsel ini tidak bertahan lama. Ini karena tidak ada protokol pengisian cepat.

Daya maksimum yang dapat disalurkan hanya 10 W. Fenomena ini merupakan kemunduran karena pendahulunya, realme C15, telah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 18 W. Secara teori, isi daya dengan pengisi daya 10 W. (5 volt 2 amp) untuk baterai 5000 mAh dibutuhkan waktu minimal 3 jam.

3. Chipset yang kurang kuat

MediaTek Helio G35 yang dipasang di bodi realme C21 tidak terlalu buruk untuk ponsel standar. Chipset 8-core dengan arsitektur Cortex A53 ini masih bisa digunakan untuk bermain game kasual. Skor Antutu dari 8 adalah 116.110.

Namun, Anda harus menurunkan ekspektasi saat bermain game di realme C21. Anda masih bisa mencapai 20-30 fps (yang relatif mulus) saat bermain game seperti Mobile Legend dan Free Fire. Namun saat pertarungan sedang dalam kondisi terbaiknya, gambar terkadang goyah, membuat gerakan tidak mulus.

Mengenai keputusan memilih Helio G35, kingdom C21 tidak kalah jauh dengan kingdom C15 yang diluncurkan pada Juli 2020. Kekurangan chipset yang muncul di tengah pandemi sempat membuat Realme memutuskan untuk menggunakan chipset ini.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan realme C21. Jika Anda bertanya untuk siapa ponsel ini, kami akan memberi tahu Anda bahwa ponsel ini cocok untuk mereka yang baru saja beralih ke smartphone. Ponsel ini, tentu saja, berfungsi dengan baik untuk penggunaan sesekali seperti menjelajah dan mengirim pesan.

Layar 6,5 inci juga populer di kalangan orang tua. Apalagi tukang ojek online (ojol) juga cocok menggunakan ponsel ini karena ukuran baterainya yang besar. Hanya saja pengemudi boros jangan lupa untuk mengisi daya ponsel ini sebelum tertidur karena butuh waktu lama untuk mengisi daya.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru

Anda mungkin juga suka...