Jenis Kain Denim

Jenis Kain Denim

Productionsfigeactheatrefestival –┬áDenim adalah jenis bahan yang proses pembuatannya ditenun dengan serat kapas berwarna biru. Serat kapas biru yang dimaksud adalah untuk jenis pakan ini. Sedangkan untuk jenis fungsinya menggunakan serat putih. Hal inilah yang menyebabkan mayoritas material bagian dalam jeans terlihat putih. Kain denim dibuat dengan Twill Weave atau sejenis kain kepar. Oleh karena itu, jenis kain ini dapat menghasilkan garis diagonal yang merupakan ciri khas kain Denim pada umumnya.

Awalnya, kain denim dikembangkan oleh Amerika Serikat untuk pekerja pertambangan. Sekarang, kain denim digunakan untuk berbagai produk seperti konveksi seragam kerja dan hampir semua orang bisa menggunakannya. Diantaranya produk yang diproduksi dengan menggunakan bahan ini, seperti tas, sepatu, kemeja dan masih banyak lagi lainnya. Bahan denim ini disebut Denim Asli atau benar-benar Denim jika produknya terbuat dari 100% katun. Sementara itu, saat ini terdapat banyak produk Denim yang dicampur dengan bahan yang berbeda seperti Spandex. Ini membuat tekstur kain lebih elastis.

Bahan kain Denim adalah jenis tekstil terkuat dan terkuat. Inilah mengapa denim awalnya digunakan untuk pakaian penambang. Faktanya, kain denim sangat digemari saat ini karena menawarkan produk yang sangat tebal dan tahan lama

JENIS KAIN DENIM

Kain denim memiliki berbagai jenis yang berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa jenis kain Denim yang perlu Anda ketahui.

1. DENIM KERING ATAU DENIM BAKU

Ini adalah jenis kain denim yang tidak mengalami proses pencucian setelah pewarnaan atau pewarnaan. Ciri khas dari bahan jenis ini adalah memiliki karakter yang agak kasar dengan warna yang sangat kuat. Contoh warna yang dimiliki kain jenis ini adalah biru yang masih sangat biru.

2. PREWASH DENIM

Jenis kain denim selanjutnya adalah Prewash Denim yang dicuci dalam proses pembuatan. Dengan proses pencucian ini, bahan semacam ini melembutkan dengan tampilan agak pudar seperti warna jeans pada umumnya. Untuk warnanya sendiri sudah pasti lebih terang dari tipe sebelumnya.

3. SELVAGE DENIM

Ini sebenarnya adalah sejenis kain denim yang ujung-ujungnya atau ditenun dengan rapi.

4. DENIM BERWARNA

Dan untuk teknik pewarnaan pada Denim, kain dibagi menjadi dua cara. Yang pertama adalah memakai pewarna tradisional yang memberi warna biru pada jeans. Dan cara selanjutnya adalah membuat warna belerang agar warna kain berbeda dengan warna biru.

5. RAMIE DENIM

Ini adalah jenis kain denim yang proses pembuatannya dicampur dengan serat tanaman rami. Campuran ini membuat kain denim yang dihasilkan lebih halus dibandingkan kain denim biasa. Selain itu juga dapat mengurangi kerutan pada kain. Denim ini juga tidak mudah kotor dan penyerapan airnya lebih mudah.

6. DENIM REGIONAL

Ini adalah jenis kain denim yang dicampur dengan sejenis bahan elastis. Yakni dari bahan spandeks dengan kadar sekitar dua hingga tiga persen. Perpaduan ini membuat jenis ini sering digunakan untuk membuat jeans. Terutama jeans wanita.

7. POLY DENIM

Ini adalah jenis kain denim yang dicampur dengan poliester dalam pembuatannya. Bahan ini membuat kain denim lebih ringan dan sangat cocok untuk berbagai acara formal maupun semi formal. Kain jenis ini juga relatif mudah kering saat dikeringkan.

8. DENIM TERTUTUP HITAM

Ini adalah jenis kain denim yang dilapisi dengan bahan akrilik dengan warna hitam. Tujuan pencampuran adalah agar kain lebih awet dan tahan lama. Selain itu, kain Denim akan menjadi hitam dan berkilau dengan perpaduan ini. Namun, saat digunakan, warnanya juga akan pudar.

Anda mungkin juga suka...